JFC

can writing be as delicious as cheese?

    Cara Atasi Windows 10 Lemot Dengan Mudah dan Ampuh

    Berikut ini cara mengatasi windows 10 lemot di pc /laptop anda. Windows lemot tentunya akan menghambat pekerjaan anda.

    Maka dari itu penting untuk mengetahui cara menyelesaikan, supaya anda dapat melanjutkan pekerjaan dengan baik. Dikutip dari situs teknologi efyei simak selengkapnya langkah langkah atasi windows 10 lemot berikut.

    1. Hapus program tidak penting di laptop windows 10

    Salah satu penyebab laptop windows 10 lemot, bisa saja karena terlalu banyak aplikasi yang terinstal. Maka dari itu, untuk mengatasi windows 10 lemot ini, lakukanlah uninstal sejumlah aplikasi yang tak lagi dibutuhkan.

    Hal ini supaya laptop dan windows 10 dapat bekerja normal. Sebagai saran, anda dapat memakai memori internal untuk menyimpan file/aplikasi paling penting saja.

    2. Hapus file pada folder temp secara rutin

    Cara atasi windows 10 lemot berikutnya adalah dengan menghapus file di folder temp secara berkala dan rutin. Untuk diketahui, file pada folder temp adalah hasil ekstrak dari aplikasi tertentu.

    Seringkali pengguna laptop lupa kalau pada perangkat mereka terdapat file semacam ini yang dapat membuat lemot windows 10, apalagi kalau dibiarkan menumpuk, dan memakan banyak ruang memori perangkat.

    Jika memori banyak digunakan, ini akan mempengaruhi kinerja windows 10 dan laptop lemot. Maka dari itu anda perlu rutin menghapus file si folder temp dengan langkah mudah sebagai berikut.

    Klik tombol Windows + R. Ketik %temp% dan enter. Kemudian Tekan tombol kombinasi CTRL + A. dan proses terakhir,  klik Shift + Del untuk menghapus file-file tersebut. silakan cek kinerja windows 10 anda di laptop, biasanya setelah menerapkan cara ini laptop akan kembali normal, windows 10 tak lemot lagi.

    3. Bersihkan file pada folder prefetch

    Selain folder temp, Anda juga perlu rutin hapus file-file di folder prefetch. Ini berguna untuk atasi windows 10 lemot. Caranya mudah, tinggal Klik Windows + R.

    Kemudian ketikan prefetch dan enter. Kalau anda mendapat izin administrator, silakan klik OK. Selanjutnya anda tinggal hapus semua file pada folder tersebut agar windows 10 di laptop tidak lemot.

     4. Matikan aplikasi di startup windows

    Cara atasi windows 10 lemot lainnya adalah dengan mematikan aplikasi di startup windows. Biasanya, aplikasi yang Anda instal otomatis menyala ketika perangkat dinyalakan.

    Hal ini dapat menyebabkan laptop dan windows lemot. Pastinya akan mengganggu pekerjaan anda. Untuk itu, perlu mematikan aplikasi ini.

    Caranya mudah. Tinggal  tekan tombol paduan Windows + R. lalu ketik msconfig, kemudian tekan enter. maka daftar aplikasi akan tampil. Anda dapat langsung mendisable beberapa aplikasi/program yang tak terlalu penting supaya laptop dan windows kembali normal kinerjanya.

    5. Mematikan visual effect yang tidak diperlukan

    Untuk mengatasi laptop lemot yang mempengaruhi kinerja windows 10, anda dapat juga mematikan visual efek yang tak dibutuhkan. Adapun caranya terbilang mudah.  Langkah pertama, coba buka windows explorer.

    Kemudian klik kanan, di bagian menu This PC. Selanjutnya, anda pilih opsi properties. Lalu, pilih menu Advanced system settings.

    Langkah berikutnya di bagian performance, pilih setting. Kemudian ubah opsi menjadi custom dan pilih visual efek yang anda terapkan. Anda dapat memilih visual efek ringan sehingga laptop windows 10 tak lemot.

    6. Menghapus backup windows update

    Cara mengatasi laptop lemot windows 10 terakhir dalam daftar ini,  yaitu dengan hapus backup windows update.

    File backup ini sudah tak perlu digunakan lagi maka jangan biarkan menumpuk sebab dapat membuat laptop windows 10 lemot.

    Cara hapus backup windows update sebagai berikut. Ketik disk cleanup di kolom pencarian (search)  pada windows 10 yang anda gunakan. Pilih drive yang akan anda cek. Misalnya berada di local disk C.

    Langkah berikutnya klik oke, lalu menunggu hingga hasil cek atau analisa tadi muncul. Untuk file yang akan dihapus silahkan tandai dengan ceklis satu persatu file nya. Setelah itu, klik OK. Maka file backup windows update telah terhapus dan biasanya windows 10 akan kembali normal, tidak lagi lemot.

    Nah itulah tadi cara mengatasi windows 10 lemot. Namun jika anda mengalami kendala lanjutan terkait mengatasinya, sebaiknya anda bawa perangkat anda ke service center komputer anda agar diatasi dengan baik. Semoga bermanfaat.