JFC

can writing be as delicious as cheese?

    Mengenal 2 Jenis Rumput Laut Yang Ada Di Indonesia

    Indonesia merupakan salah satu Negara dengan wilayah perairan yang luas. Hal ini dibuktikan dengan panjang garis pantai sekitar 81.000 km dan luas perairan sekitar 58 juta km2. Maka dari itu, tak heran jika Indonesia memiliki kergaman flora dan fauna dalam laut. Salah satunya yaitu keanekaragaman jenis rumput laut.

    Rumput laut merupakan salah satu biota laut yang berperan dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Tidak hanya itu saja, rumput laut ini juga memiliki berbagai manfaat. Mulai dari bahan baku masakan, industri kosmetik, farmasi, hingga kesehatan. Oleh karena itu, telah banyak masyarakat pesisir yang telah membudidayakan berbagai jenis rumput laut.

    Sementara itu, terdapat beragam jenis rumput laut yang telah dibudidayakan. Berikut ini beberapa diantaranya:

    • Gelidium sp.

    Rumput laut jenis ini merupakan salah satu spesies dari Rhodophyta (rumput laut merah). Rumput laut ini memiliki panjang kurang lebih 20 cm dengan lebar sekitar 1,5 mm. Adapun sentra budidaya rumput laut jenis ini terdapat di pesisir kepulauan seribu. Rumput laut merah ini dimanfaatkan sebagai bahan baku pabrik agar-agar dalam negeri dan sebagai komoditas ekspor.

     

    • Gracilaria Verruccosa

    Rumput laut ini masih satu spesies dari Rhodophyta (rumput laut merah). Rumput laut ini memiliki bentukan yang menyerupai akar, batang, daun, atau buah yang disebut thallus. Wilayah penyebaran G. Verrucosa ini meliputi wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sumbawa Barat.